"SELAMAT DATANG DI BLOG NANIK_APRILIA"

Friday, November 11, 2011

Eratosthenes





         Eratosthenes dilahirkan di Cyrene (Libya saat ini), tetapi bekerja dan meninggal diAlexandria. Dia tidak pernah menikah dan dikenal sebagai seorang yang sombong.
Eratosthenes belajar di Alexandria dan untuk beberapa tahun di Athena.



    Pada 236 SMia ditunjuk oleh Ptolemy III Euergetes I sebagai pustakawan Perpustakaan Alexandria,menggantikan pustakawan pertama, Zenodotos. Dia membuat beberapa sumbangan penting pada matematika dan sains, dan merupakan teman baik Archimedes. Sekitar255 SM ia menciptakan bola armilar, yang digunakan secara luas hingga diciptakannya oreri pada abad 18. Pada 195 SM ia menjadi buta dan setahun kemudian diduga membiarkan dirinya kelaparan hingga meninggal dunia.
Ia dicatat oleh Cleomedes dalam On the Circular Motions of the Celestial Bodiessebagai orang yang telah menghitung keliling Bumi pada sekitar tahun 240 SM, menggunakan metode trigonometri dan pengetahuan mengenai sudut kemiringanMatahari saat tengah hari di Alexandria dan Syene (sekarang Aswan, Mesir).
 ==>Karya nya dalam matematika adalah cara menentukan bilangan prima  yg di kenal dengan nama saringan eratosthenes yg seperti ini






=>karya lain nya
1.      Kemungkinan, pengukuran jarak Matahari-Bumi, sekarang disebut sebagaisatuan astronomi dan jarak Bulan.
2.      Pengukuran inklinasi bidang ekliptika hingga mencapai ketelitian 7 menit busur.
3.      Katalog bintang memuat 675 bintang (namun tidak terlestarikan).
4.      Peta rute pelayaran di Sungai Nil hingga sejauh Khartoum.
5.      Peta dunia yang diketahui saat itu, dari Kepulauan Britania hingga Srilangka, dan dari Laut Kaspia hingga Ethiopia. Hanya Hipparchus, Strabo, dan Ptolemy yang dapat membuat peta yang lebih akurat pada masa klasik dan post-klasik.
6.      Sejumlah karya dalam teater dan etika.
7.      Sebuah kalender dengan tahun kabisat, dimana dia berusaha menentukan sejumlah tanggal pasti dan hubungan dari berbagai macam event politik dan literatur pada masanya hingga ke masa Perang Troya.

No comments:

Post a Comment